Dalam survey online kali ini, saya hendak mensurvey hasil belajar 50 mahasiswa psikologi USU 2011 dari nilai raport dan jumlah prestasi akademik pada waktu SMA. Pada kesempatan kali ini Rumusan masalahnya adalah Rumusan masalah : Apakah terdapat perbedaan
distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari
sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh?
- H0 = tidak ada perbedaan yang signifikan dari distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh.
- H1 = ada perbedaan yang signifikan dari distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh (dengan LoS = 0,05).
Dengan hasil survey
Question
6*
Ranking kelas X semester 1
1-3: Excellent, 4-6: Good, 7-8: Neutral, 9-10: Fair, >= 11: poor
1-3: Excellent, 4-6: Good, 7-8: Neutral, 9-10: Fair, >= 11: poor
|
Question7
Ranking kelas X semester 2
1-3: Excellent, 4-6: Good, 7-8: Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
1-3: Excellent, 4-6: Good, 7-8: Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
|
Question8
Jumlah prestasi akademik yang pernah
di raih saat duduk di kelas X
>=4: Excellent, 3: Good, 2: neutral, 1: Fair, 0: Poor
>=4: Excellent, 3: Good, 2: neutral, 1: Fair, 0: Poor
|
Question
9*
Ranking kelas XI semester 3
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
|
Question
10
Ranking kelas XI semester 4
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
|
Question
11*
Jumlah prestasi akademik yang
pernah diraih saat duduk di kelas XI
>=4: Excellent, 3: Good, 2: Neutral, 1: Fair, 0: Poor
>=4: Excellent, 3: Good, 2: Neutral, 1: Fair, 0: Poor
|
Question
12*
Ranking kelas XII semester 5
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
|
Question
13*
Ranking kelas XII semester 6
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
|
Question
14
Jumlah prestasi akademik yang
diperoleh saat duduk di kelas XII
>=4: Excellent, 3: Good, 2: Neutral, 1: Fair, 0: Poor
>=4: Excellent, 3: Good, 2: Neutral, 1: Fair, 0: Poor
|
- Dari data di atas diperoleh rata-rata distribusi juara/ranking kelas (dari laporan hasil belajar siswa) dari semester I kelas X SMA – semester VI kelas XII SMA dan frekuensi Jumlah prestasi akademik
- E = Excellent (ranking 1-3) dengan bobot kategori adalah 5; G = Good (ranking 4-6) dengan bobot kategori 4; N = Neutral (ranking 7-8) dengan bobot kategori 3; F = Fair (ranking 9-10) dengan bobot kategori 2; P = Poor (ranking >= 11) dengan bobot kategori 1.
- Rata-rata Distribusi Frekuensi juara kelas dari ke 6 semester: E = 19,78% ; G = 21,69% ;
N = 25,31% ; F = 11,18% ; P = 22,04%
- Skor rata-rata distribusi frekuensi juara kelas dari ke 6 semester dengan bobot kategori dan asumsi Σ fi = 100%
X = Σ fi x
wi / Σ fi , dimana
X = skor rata-rata terboboti, fi =
frekuensi pada kategori ke i, wi= Bobot untuk kategori ke-i (1 s/d
5)
E = 19,78% x 5 / 100% = 0,99 ; G = 21,69% x 4 / 100% = 0,87 ;
N = 25,31% x 3 / 100% = 0,76 ; F = 11,18% x 2 / 100% ≈ 0,22 ;
P = 22,04 x 1 / 100% ≈ 0,22
Sampel \ Kategori
|
E
|
G
|
N
|
F
|
P
|
Juara\ ranking kelas
|
0,99
|
0,87
|
0,76
|
0,22
|
0,22
|
- Rata-rata distribusi frekuensi jumlah prestasi akademik selama 3 tahun adalah:
E = 11,90%; G = 25,18%; N = 38,40%; F
= 9,27%; P = 15,25%
- Skor rata-rata distribus frekuensi jumlah prestasi akademik selama 3 tahun dengan bobot kategori (wi) dan asumsi Σ fi = 100%
E = 11,90 x 5 /100% = 0,6; G = 25,18 x 4 /100% ≈
1,01;
N = 38,40 x 3 /100% = 1,15; F = 9,27 x 2 /100% = 0,19;
P = 15,25 x 1 /100% ≈
0,15
Sampel \kategori
|
E
|
G
|
N
|
F
|
P
|
Jumlah prestasi akademik
|
0,6
|
1,01
|
1,51
|
0,19
|
0,15
|
- Jika digabungkan akan menjadi : Skor rata-rata dengan bobot kategori dan asumsi Σ fi = 100%
Sampel
|
Kategori
|
||||
E
|
G
|
N
|
F
|
P
|
|
Juara/ranking kelas
|
0,99
|
0,87
|
0,76
|
0,22
|
0,22
|
Jumlah Prestasi akademik
|
0,6
|
1,01
|
1,15
|
0,19
|
0,15
|
- Dari data di atas terlihat sampel Juara/ranking kelas dan Jumlah Prestasi akademik yang merupakan jumlah 50 mahasiswa. Dari 50 mahasiswa akan menjawab 2 topik pertanyaan, yaitu mengenai Juara/ranking kelas dan Jumlah Prestasi akademik dan diisi dengan 5 kategori (E,G,N,F,P). Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa masing-masing sampel berhubungan dengan kategori dan test yang paling tepat untuk menjawab rumusan masalah di atas adalah test ranking Friedman analisis varians dua arah (ditunjukkan dengan kata perbedaan dari rumusan masalah).
- Sebelum kita memasukkannya ke dalam rumus, terlebih dahulu kita ranking skor rata-rata yang di atas sesuai sampel
Sampel
|
Kategori
|
||||
E
|
G
|
N
|
F
|
P
|
|
Juara/ranking kelas
|
1
|
2
|
3
|
4,5
|
4,5
|
Jumlah Prestasi akademik
|
3
|
2
|
1
|
4
|
5
|
Ri
|
4
|
4
|
4
|
8,5
|
9,5
|
- Rumus yang digunakan adalah rumus distribusi chi-kuadrat Friedman, dangan membandinkan nilai X2r hitung dengan nilai X2r tabel “C” (tabel harga-harga kritis Chi-kuadrat). Di mana df (degree of freedom) = k-1à5-1= 4 dan LoS (derajat signifikansi) = 0.05 maka diperoleh harga X2r tabel “C” = 9,49
- X2r = 12 / Nk (k + 1) Σki=1 (Ri)2 – 3N (k+1) , N = jumlah baris, k = jumlah kolom, Ri= jumlah ranking pada kolom ke-i.
X2r = 12 / 2.5
(5+1) [(4)2+(4)2+(4)2+(8,5)2+(9,5)2
– 3.2(5+1)
= 12/60
[ 48+72,5+90,5] – 36 = 42,1 – 36 = 6,1
Dari hasil diatas diperoleh bahwa X2r
hitung = 6,1 < X2r table “C” =
9,49.
- Kesimpulannya: H0 diterima (tidak ada perbedaan yang signifikan dari distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh). Dengan kata lain, tidak ada perbedaan yang begitu signifikan dari distribusi frekuensi setiap kategori dalam dua kategori pertanyaan dari 50 mahasiswa psikologi usu 2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar