Senin, 04 Juni 2012

Survey Online - Psikologi Pendidikan

Dalam survey online kali ini, saya hendak mensurvey hasil belajar 50 mahasiswa psikologi USU 2011 dari nilai raport dan jumlah prestasi akademik pada waktu SMA. Pada kesempatan kali ini Rumusan masalahnya adalah Rumusan masalah : Apakah terdapat perbedaan distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh?
  • H­­0 = tidak ada perbedaan yang signifikan dari distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh.
  • ­1 = ada perbedaan yang signifikan dari distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh (dengan LoS = 0,05).
Dengan hasil survey

Question 6*
Ranking kelas X semester 1
1-3: Excellent, 4-6: Good, 7-8: Neutral, 9-10: Fair, >= 11: poor
 Excellent 
 12 

 24.00% 
 Good 
 8 

 16.00% 
 Neutral 
 13 

 26.00% 
 Fair 
 5 

 10.00% 
 Poor 
 12 

 24.00% 
Top of Form
Bottom of Form
Question7
Ranking kelas X semester 2
1-3: Excellent, 4-6: Good, 7-8: Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
 Excellent 
 13 

 26.00% 
 Good 
 13 

 26.00% 
 Neutral 
 9 

 18.00% 
 Fair 
 4 

 8.00% 
 Poor 
 11 

 22.00% 

Question8
Jumlah prestasi akademik yang pernah di raih saat duduk di kelas X
>=4: Excellent, 3: Good, 2: neutral, 1: Fair, 0: Poor
 Excellent 
 8 

 15.69% 
 Good 
 12 

 23.53% 
 Neutral 
 20 

 39.22% 
 Fair 
 5 

 9.80% 
 Poor 
 6 

 11.76% 
Top of Form
Bottom of Form
 
Question 9*
Ranking kelas XI semester 3
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
 Excellent 
 7 

 13.73% 
 Good 
 16 

 31.37% 
 Neutral 
 12 

 23.53% 
 Fair 
 6 

 11.76% 
 Poor 
 10 

 19.61% 

Question 10
Ranking kelas XI semester 4
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
 Excellent 
 9 

 17.65% 
 Good 
 9 

 17.65% 
 Neutral 
 17 

 33.33% 
 Fair 
 7 

 13.73% 
 Poor 
 9 

 17.65% 
Question 11*
Jumlah prestasi akademik  yang pernah diraih saat duduk di kelas XI
>=4: Excellent, 3: Good, 2: Neutral, 1: Fair, 0: Poor
 Excellent 
 3 

 6.00% 
 Good 
 17 

 34.00% 
 Neutral 
 17 

 34.00% 
 Fair 
 4 

 8.00% 
 Poor 
 9 

 18.00% 
 
Question 12*
Ranking kelas XII semester 5
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
 Excellent 
 9 

 17.31% 
 Good 
 11 

 21.15% 
 Neutral 
 13 

 25.00% 
 Fair 
 6 

 11.54% 
 Poor 
 13 

 25.00% 
Question 13*
Ranking kelas XII semester 6
1-3: Excelent, 4-6: Good, 7-8:Neutral, 9-10: Fair, >=11: Poor
 Excellent 
 10 

 20.00% 
 Good 
 9 

 18.00% 
 Neutral 
 13 

 26.00% 
 Fair 
 6 

 12.00% 
 Poor 
 12 

 24.00% 
Question 14
Jumlah prestasi akademik yang diperoleh saat duduk di kelas XII
>=4: Excellent, 3: Good, 2: Neutral, 1: Fair, 0: Poor
 Excellent 
 7 

 14.00% 
 Good 
 9 

 18.00% 
 Neutral 
 21 

 42.00% 
 Fair 
 5 

 10.00% 
 Poor 
 8 

 16.00% 
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
 
  • Dari data di atas diperoleh rata-rata distribusi  juara/ranking kelas (dari laporan hasil belajar siswa) dari semester I kelas X SMA – semester VI kelas XII SMA dan frekuensi Jumlah prestasi akademik
  • E = Excellent (ranking 1-3) dengan bobot kategori adalah 5; G = Good (ranking 4-6) dengan bobot kategori 4; N = Neutral (ranking 7-8) dengan bobot kategori 3; F = Fair (ranking 9-10) dengan bobot kategori 2; P = Poor (ranking >= 11) dengan bobot kategori 1.
  • Rata-rata Distribusi Frekuensi juara kelas dari ke 6 semester: E = 19,78% ; G = 21,69% ;
          N = 25,31% ; F = 11,18% ;  P = 22,04%
  • Skor rata-rata distribusi frekuensi juara kelas dari ke 6 semester dengan bobot kategori dan asumsi  Σ fi = 100%
          X = Σ fi x wi / Σ fi , dimana X = skor rata-rata terboboti,  fi = frekuensi pada kategori ke i,                     wi= Bobot untuk kategori ke-i (1 s/d 5)
          E = 19,78% x 5 / 100% = 0,99 ;          G = 21,69% x 4 / 100% = 0,87 ;
          N = 25,31% x 3 / 100% = 0,76 ;         F = 11,18% x 2 / 100% ≈ 0,22 ;                                 
          P = 22,04 x 1 / 100% ≈ 0,22  
                               
                                 
Sampel \ Kategori
E
G
N
F
P
Juara\ ranking kelas
0,99
0,87
0,76
0,22
0,22

  • Rata-rata distribusi frekuensi jumlah prestasi akademik selama  3  tahun adalah:
          E = 11,90%;    G = 25,18%;    N = 38,40%;    F = 9,27%;      P = 15,25%
  •  Skor rata-rata distribus frekuensi jumlah prestasi akademik selama 3 tahun dengan bobot kategori (wi) dan asumsi Σ fi = 100%
         E = 11,90 x 5 /100% = 0,6;                 G = 25,18 x 4 /100% 1,01;                                     
         N = 38,40 x 3 /100% = 1,15;              F = 9,27 x 2 /100% = 0,19;    
         P = 15,25 x 1 /100% 0,15

Sampel \kategori
E
G
N
F
P
Jumlah prestasi akademik
0,6
1,01
1,51
0,19
0,15





  • Jika digabungkan akan menjadi : Skor rata-rata dengan bobot kategori dan asumsi Σ fi = 100%
Sampel
Kategori
E
G
N
F
P
Juara/ranking kelas
0,99
0,87
0,76
0,22
0,22
Jumlah Prestasi akademik
0,6
1,01
1,15
0,19
0,15
  • Dari data di atas terlihat sampel Juara/ranking kelas dan Jumlah Prestasi akademik yang merupakan jumlah 50 mahasiswa. Dari 50 mahasiswa akan menjawab 2 topik pertanyaan, yaitu mengenai Juara/ranking kelas dan Jumlah Prestasi akademik dan diisi dengan 5 kategori (E,G,N,F,P). Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa masing-masing sampel berhubungan dengan kategori dan test yang paling tepat untuk menjawab rumusan masalah di atas adalah test ranking Friedman analisis varians dua arah (ditunjukkan dengan kata perbedaan dari rumusan masalah).
  • Sebelum kita memasukkannya ke dalam rumus, terlebih dahulu kita ranking  skor rata-rata yang di atas sesuai sampel
Sampel
Kategori
E
G
N
F
P
Juara/ranking kelas
1
2
3
4,5
4,5
Jumlah Prestasi akademik
3
2
1
4
5
R­i
4
4
4
8,5
9,5
  • Rumus yang digunakan adalah rumus distribusi chi-kuadrat Friedman, dangan membandinkan nilai X­­­­­2r hitung dengan nilai X­­­­­2r tabel “C” (tabel harga-harga kritis Chi-kuadrat). Di mana df (degree of freedom) = k-1à5-1= 4 dan LoS (derajat signifikansi) = 0.05 maka diperoleh harga X­­­­­2r tabel “C” = 9,49
  • ­­­­2r = 12 / Nk (k + 1) Σ­­­­i=1 (R­i­­­­)2 – 3N (k+1) , N = jumlah baris, k = jumlah kolom, R­­i= jumlah ranking pada kolom ke-i.

         X­­­­­2r = 12 / 2.5 (5+1) [(4)2+(4)2+(4)2+(8,5)2+(9,5)2 – 3.2(5+1)
               = 12/60 [ 48+72,5+90,5] – 36 = 42,1 – 36 = 6,1
         Dari hasil diatas diperoleh bahwa X­­­­­2r hitung = 6,1 < X­­­­­2r table “C” = 9,49.
  • Kesimpulannya: H­­0 diterima (tidak ada perbedaan yang signifikan dari distribusi frekuensi masing-masing kategori (E,G,N,F,P) jika dilihat dari sampel juara/ranking kelas dan jumlah prestasi yang diperoleh). Dengan kata lain, tidak ada perbedaan yang begitu signifikan dari distribusi frekuensi setiap kategori dalam dua kategori pertanyaan dari 50 mahasiswa psikologi usu 2011.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar